Sobat memosehat mengalami yang namanya demam dan nyeri di tenggorokan sobat? Mengganggu bukan, selain penyakit tersebut ada juga penyakit yang mengganggu tenggorokan sobat. Apa itu? Benar, penyakit radang tenggorokan. Biasanya disertai dengan batuk berdahak dan frekuensi batuk tersebut terus menerus dalam jeda waktu beberapa menit.

Sobat pasti kebanyakan malas ke dokter dan obat batuk biasa kerap sekali dijadikan pilihan utama untuk penanganan penyakit tersebut.

Sobat harus tahu, bahwa penyakit radang tenggorokan bisa saja disebabkan karena infeksi bakteri atau infeksi virus.

Akibatnya, sobat mengalami tenggorokan terasa panas, nyeri batuk berdahak, bahkan sobat memosehat bisa terkena demam.

Penyakit Radang Tenggorokan

radang-tenggorokan

Obat batuk sendiri ada tiga jenis, yaitu:

  1. Yang berfungsi untuk mengencerkan dahak (terdapat zat asetilsistein)
  2. Yang berfungsi untuk mengurangi peradangan (terdapat zat non-steroid antiinflamasi/NSAID)
  3. Yang berfungsi untuk menekan refleks batuk (terdapat zat kodein)

Baca Juga:

Umumnya, jenis obat batuk hanya berfungsi untuk meminimalisisr gejala, dan bukan membunuh virus atau bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

Contoh kecil saja, jika radang tenggorokan sobat mengalami gejala batuk disertai dahak yang sulit sekali keluar lalu mengganggu pernafasan sobat, solusinya yaitu obat batuk yang mengandung zat asetilsistein.

Jika batuk sobat lebih parah, dan disertai dengan tenggorokan yang panas dan tampak kemerah-merahan, sobat gunakan saja obat batuk NSAID.

Jadi, kesimpulannya obat batuk memang bisa membantu meminimalkan gejala daria penyakit radang tenggorokan, namun tidak bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

So, pastikan sobat menanangani penyakit batuk sedini mungkin dan konsultasikan ke dokter kepercayaan sobat yah.

radang-tenggorokan

Jika sobat terlanjur terkena penyakit radang tenggorokan, langkah solutif yang harus sobat coba yaitu dengan mengkonsumsi obat antibiotik dengan rentang waktu 5 hari minimal.

Yah, jika sobat ingin benar-benar sembuh dari penyakit radang tenggorokan sobat yang bisa saja disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi tenggorokan.

radang-tenggorokan
radarpekalongan.co.id

Tips, alternatif lain yang bisa sobat coba juga adalah dengan sering berkumur dengan air garam.

Sebab, air garam berfungsi sebagai penarik cairan di tenggorokan bagian dalam sehingga mampu membersihkan kuman yang ada di tenggorokan.

Sobat perlu juga untuk mengecek suhu tubuh sobat ketika mengalami radang tenggorokan.

Jika suhu sobat terus naik dan tidak ada penurunan sama sekali, jangan tunda untuk mengecek kesehatan sobat ke klinik atau dokter terdekat yah.

Jangan biarkan infeksi radang tenggorokan semakin parah dan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Boleh-boleh saja ketika sobat terkena radang tenggorokan meminum obat batuk, namun ingat bahwa obat batuk hanya sebagai sementara dan tidak bisa menyembuhkan dampak radang tenggorokan hingga ke akar-akarnya.

Hanya dengan obat antibiotik-lah, satu-satu jalan yang bisa sobat coba.

Bijaksana adalah kunci untuk mengatasi permasalahan radang tenggorokan yang parah. Berlebihan mengkonsumsi obat batuk dengan niat untuk menyembuhkan radang tenggorokan bukan kuncinya, namun hanya akan memberi efek samping yang tidak diinginkan.

Sekian pembahasan artikel obat batuk untuk meredakan penyakit radang tenggorokan. Share jika artikel ini menarik dan bermanfaat bagi sobat, komen jika ada hal yang ditanyakan atau didiskusikan.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya ^_^.

Baca Juga:

Pages: 1 2