memosehat.com – Tahukah para calon bunda bagaimanakah proses perkembangan janin di dalam perut selama waktu 3 bulan? Embrio yang ada di dalam rahim bunda berubah menjadi janin. Janin yang berubah tersebut bentuknya sudah menyerupai baby lho.

Embrio yang berubah menjadi janin ketika memasuki masa kehamilan pada usia 10 minggu, atau pada usia 12 minggu atau tiga bulan embrio tersebut bakal berubah jadi janin.  

Jadi, bunda memosehat ketika memasuki waktu kehamilan 3 bulan sudah merasakan ada yang bergerak-gerak di dalam perutnya. Itulah calon buah hati bunda yang dinanti-nanti kedatangannya.

Bagaimana senang bukan? Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bunda untuk menjaga kesehatan janin yang ada didalam perut bunda memosehat.

Perlu bunda tahu juga, bahwa janin yang berusia tiga bulan sangat rentan sekali terkena keguguran. So, berhati-hatilah yah bunda.

Perkembangan Janin Pada Masa 3 Bulan

perkembangan-janin-selama-3-bulan
Pregnant woman with fetus 3D concept in 3D

Bunda perlu mengetahui kondisi janin yang ada di dalam kandungannya, apakah sudah dalam kondisi baik atau tidak. Yuk, pelajari lebih lengkap di ulasan berikut ini:

  1. Pada masa usia kehamilan 3 bulan, janin bunda sudah memiliki wajah yang dilengkapi dengan mata, mulut, hidung dan organ yang lainnya.
  2. Hal ini janin juga sudah memiliki 32 macam bakal gigi secara permanen.
  3. Tak hanya itu, janin memiliki jari-jari kecil yang sudah dilengkapi dengan kuku-kuku kecil di tangan atau di kaki.
  4. Alat kelamin janin memasuki waktu 2 bulan sudah terbentuk. Saat usianya 3 bulan organ intim belum bisa berkembang secara sempurna, sehingga janin belum bisa terlihat jenis kelaminnya.
  5. Tulang pada bayi sudah terbentuk sempurna, otot pada janin juga sudah terbentuk dengan baik.
  6. Janin bunda mampu bergerak dikarenakan beberapa syaraf dan otak janin mulai dapat difungsikan. Pergerakan janin bisa dirasakan meski gerakannya masih sangat lembut sekali ketika di dalam perut bunda.
  7. Janin di dalam rahim mulai belajar menghisap makanan di dalam plasenta, bahkan janin mulai bisa melakukan buang air kecil.
  8. Perkembangan janin 3 bulan kurang lebih mencapai 3,5 inci.
  9. Janin mulai bisa menguap atau bahkan menggeliat dan menendang perut bunda.

Baca Juga :

Berubahnya Tubuh Bunda Ketika Hamil

perkembangan-janin-selama-3-bulan

Pasti bunda merasakan bagaimana tubuh bunda berubah selain perut bunda yang membesar bukan? Perubahan tersebut sangat signifikan, tak hanya ukuran fisik tetapi juga mental. Apa saja perubahan tersebut? Yuk, simak baik-baik penjelasannya:

1. Perubahan berat badan.

Perubahan dalam berat badan cukup merupakan hal yang biasa, apalagi bunda sedang hamil. Hal inimerupakan pertanda bahwa janin di dalam kandungan bunda sedang berkembang.

Jadi, itu merupakan hal yang sangat wajar sekali. Yang terpenting bunda harus mengkonsumsi makanan yang sehat agar gizi dari baby bunda tercukupi kebutuhannya.

2. Perubahan hormon yang stabil daripada sebelum hamil.

Perubahan hormon bunda menjadi stabil. Perubahan mood bunda sedikit demi sedikit akan mulai perubahan dan menyesuaikan dengan lingkungan bunda.

3. Aliran darah ke janin meningkat.

Pada poin ketiga bunda mulai merasakan kekurangan rasa tidak nyaman di organ pencernaannya terutama di bagian perutnya.

4. Pada usia kehamilan awal bunda akan mengalami kecapaian yang berkurang.

Bunda  bisa melakukan aktivitas ringan seperti melipat pakaian, menyetrika dan aktivitas fisik yang ringan lainnya pada masa ini. Harapannya, kondisi janin di dalam bunda agar tidak terganggu kesehatannya.

Pola Makan Bunda Hamil

perkembangan-janin-selama-3-bulan

Bunda sesering mungkin harus mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi yang akan kita bahas kali ini, apa saja? Yuk simak terus pembahasannya:

  1. Bunda harus makan secara rutin minimal tiga kali sehari.
  2. Tak hanya itu, bunda juga harus menyajikan berbagai macam bahan makanan yang banyak mengandung gizi tinggi. Seperti yang ada di dalam daftar makanan 4 sehat dan 5 sempurna.
  3. Buatlah berbagai macam olahan atau makanan yang beraneka ragam agar bunda tidak bosan dengan menu setiap hari yang dikonsumsi.
  4. Bunda juga harus memilih bahan makanan yang segar dan jangan memakan makanan yang disimpan di kulkas terlalu lama.
  5. Agar janin memiliki berat badan yang berlebihan, bunda bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah.

Menu Makanan Bunda Ketika Hamil Usia 3 Bulan

Bunda harus mengkombinasikan berbagai makanan yang dikonsumsi agar nggak bosan ketika makan. Jadi, makanan yang harus bunda konsumsi yaitu:

  1. Menu makan pagi yang bunda coba adalah susu hamil, nasi dan juga telur. Alangkah baiknya jika ibu hamil juga mengkonsumsi bubur kacang hijau ketika masuk jam sepuluh pagi.
  2. Bubur kacang hijau jika dikonsumsi bunda, sangat bagus untuk perkembangan janin yang ada di dalam rahim bunda.
  3. Makan siang ibu hamil bisa menggunakan menu nasi dengan pepes ikan kembung.
  4. Makan malam ibu hamil bisa mengkonsumsi nasi dengan tahu dan ditambahkan dengan semur daging. Tak hanya itu, bunda juga bisa etap menyertakan sayur dalam menu makan malam, berupa sayur orak arik dengan bahan wortel dan kol.
  5. Porsi makanan  yang dikonsumsi bunda harus sedikit namun harus lebih sering.

Hal Yang Harus Diwaspadai

Berikut pantangan bagi ibu hami yang harus diperhatikan oleh calon bunda atau bunda yang sudah menjalani masa kehamilan:

  • Ketika usia kandungan memasuki tiga bulan, bunda boleh melakukan hubungan seksual namun harus tetap berhati-hati dikarenakan janin masih rawan keguguran.
  • Bunda yang memiliki riwayat keguguran, sebaiknya menunda hubungan intimnya agar tidak terjadi keguguran lagi. Konsultasikan dengan dokter, kapan waktu yang baik untuk berhubungan seksual jika sudah mengalami keguguran.
  • Jika hubungan intim membuat flek bercak darah, sekalipun kehamilan normal sebaiknya hubungan intim dihindari. Ibu hamil segera mendapatkan perawatan khusus atau obat penguat kandungan.

Itu saja pembahasan artikel pada malam ini, semoga bermanfaat yah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. See You Next Again ^_^

Baca Juga: