Penyebab Bayi Kuning

Sebelum ke pembahasaan artikel, bunda harus tahu dulu penyebab bayi kuning itu apa saja?

  • Bayi yang baru lahir terlalu banyak memproduksi bilirubilin daripada orang dewasa.
  • Bayi yang baru lahir belum berkembang secara sempurna, atau belum cukup mengeluarkan bilirubilin dari dalam darah.
  • Usus bayi menyerap bilirubilin yang seharusnya keluar lewat kotoran buang air besar (BAB).

Ketiga hal diatas perlu bunda perhatikan untuk baby yang terkena kuning bayi, berikut pembahasan solusi cara menangani bayi kuning:

1. Memperhatikan kondisi bayi kuning

Bunda harus mencurahkan perhatian ekstra bagi baby yang menderita penyakit kuning. Cek juga, apakah baby bunda menderita penyakit kuning yang parah atau tidak.

Jika baby mengalami gejala lemas, tidak mau minum ASI, dan rewel. Sebaiknya, bunda membawa ke dokter untuk mendiagnosis gejala penyaki bayi kuning.

2. Menjemur bayi di waktu pagi hari

Manfaat waktu pagi hari sangat baik bagi kesehatan tubuh sang baby jika terkena penyakit kuning. Bunda bisa mencoba menjemur baby di bawah sinar matahari yang hangat sekitar dibawah pukul 09.00 WIB.

3. Memberikan air susu ibu (ASI) secara rutin dan dalam waktu sesering mungkin

cara-menurunkan-kuning-bayi-dengan-cepat
breastfeed, motherhood, Mothers day, family love. mom breastfeeding her little son. breast feeding, lactation, maternity and healthy lifestyle

Bunda memosehat bisa memberikan ASI kepada bayi sesering mungkin. Selain itu, manfaat ASI untuk baby bunda adalah membantu dalam penurunan penyakit kuning tersebut.

Tak hanya itu, pemberian ASI juga dapat membantu kadar bilirubilin dari tubuh baby keluar menjadi kotoran BAB.

Penulis menyarankan selama 1 jam sekali bunda memberikan ASI ke baby. Maksimal pemberian ASI per-hari cukup 8-12 kali saja.

4. Berikan susu formula dalam waktu sesering mungkin

cara-menurunkan-kuning-bayi-dengan-cepat
Baby bottle with milk and a measuring scale on the background of a lot of full bottles of breast milks, the most healthy food for newborn,vintage color

Jika bunda kekurangan ASI dan alternatif lain hanya mempunyai susu formula, berikan saja pada baby bunda seseirng mungkin. Takarannya dalam waktu satu hari hanya 6-10 botol susu formula yah bunda.

Agar apa? Agar kadar bilirubilin dalam tubuh baby lebih cepat turun dan menghilangkan penyakit kuning secara cepat.

5. Fototerapi

cara-menurunkan-kuning-bayi-dengan-cepat
Newborn baby with neonatal jaundice and high bilirubin hyperbilirubinemia under blue UV light for phototheraphy.

Selain cara alami, bunda juga bisa mencoba fototerapi. Fototerapi untuk bayi kuning merupakan terapi medis untuk mengatasi kuning bayi dan juga bisa mencegah bilirubilin pada bayi.

Baca Juga:

6. Menginfus bayi

cara-menurunkan-kuning-bayi-dengan-cepat
Mother hand holding child hand who have IV solution in the hospital with love and care

Bunda harus mengetahui apakah baby bunda terkena penyakit kuning. Ada yang tidak cukup parah dan juga ada yang parah. Untuk baby yang parah terkena penyakit kunig, lakukan secara cepat pemberian infus pada bayi, hal ini untuk memberikan cairan tambahan sebagai pengganti ASI pada bayi.

7. Tranfusi darah pada bayi

Tranfusi darah bisa dilakukan jika baby semakin parah, hal ini bermanfaat untuk menghilangkan sel darah yang rusak.

Biasanya baby akan diambil darahnya sedikit dan disuntikkan darah baru bagi pendonor. Tujuannya tak lain yaitu untuk mengurangi bilirubilin dan memproduksi sel darah merah baru.

8. Tranfusi imunoglobin intravena (IVIg).

Bisa saja darah sang bunda dan juga baby berbeda. Oleh karena itu, tranfusi imunoglobin intravena (tranfusi antibodi) dari ibu bisa memecah kadar bilirubilin pada baby sehingga diharapkan kuning pada bayi mengalami penurunan dengan cepat.

9. Mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi.

cara-menurunkan-kuning-bayi-dengan-cepat
pixabay.com

Selain pemberian ASI, bunda juga wajib mengkonsumsi makanan yang sehat juga, seperti makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Contohnya; kangkung, bayam, kerang, hati/jeroan, brolkoli dan lain sebagainya.

10. Memberikan ramuan tradisional pada bayi kuning

cara-menurunkan-kuning-bayi-dengan-cepat

Tips yang terakhir, yaitu berikan ramuan tradisional seperti; kunyit dan jahe. Caranya yaitu dengan mencampur kunyit dan jahe dengan air hangat, bisa ditambah madu juga lalu di kasihkan ke baby bunda memosehat.

Jika bunda ingin memesan ramuan jahe yang kaya akan manfaat, bisa pesan langsung  Ratu Goraka di nomer whatsapp https://wa.me/6282245880860

Berikut video testimoni pelanggan yang berbahagia:

Sekian pembahasan artikel yang berjudul 10 cara alami menurunkan kuning bayi dengan cepat tanpa obat-obatan. Semoga bermanfaat dan selamat malam. Sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya yang informatif dan menarik. See you next again ^_^

Baca Juga:

Pages: 1 2