Memang sebagian kista tidak berbahaya, namun alangkah baiknya sobat perlu memeriksakan ke dokter agar tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi sobat.

Pastinya akan mengganggu kesuksesan dan kesehatan sobat juga nantinya.

Mungkin sobat berpikiran bahwa kista tidak menimbulkan penyakit yang serius sekali, namun penanganan dari penyakit kista ini jika tidak dilakukan dengan tepat dan tanpa bimbingan dari sang ahli.

Sudah pasti menjadi, masalah yang sangat serius bukan.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi timbulnya kista, apa saja? Mulai dari infeksi, penyakit bawaan, kelainan gen, peradangan, tumor, cedera, kelenjar air mata, sumbatan saluran kelenjar, dan kelenjar minyak yang mengganggu organ tempat tumbuhnya kista.

Bisa juga kista tersebut muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

7 Jenis Penyakit Kista

Mayoritas kista sifatnya jinak dan tidak berbahaya. Walau tidak berbahaya, perlu sobat catat dan pahami ini, bahwa kista menjadi bahaya jika menimbulkan infeksi, bertambah besar, lalau menekan saraf dan pembuluh darah, atau tumbuh di organ-organ tertentu.

Bagaimana? Mengerikan bukan?

Lebih baik sobat ketahui 7 jenis kista ini beserta bahayanya yah, yuk tanpa berlama-lama scroll terus dan baca sampai selesai yah:

1. Kista ganglion.

Kista ganglion adalah kista yang tumbuh di sekitar sendi atau tendon. Biasanya jenis kista ini muncul pada pergelangan tangan dan pada di kaki khususnya pada pergelangan kaki.

Jika kista ganglion berukuran kecil, tidak menimbulkan gejala atau keluhan yang menganggu.

Namun jika ukuran dari kista ini lebih dari 2,5 cm, harus ditangani oleh dokter secapatnya.

Karena dapat menekan saraf di sekitar sendi dan mengganggu saat bergerak.

2. Kista ginjal.

Kista jenis ini, bisa terbentuk di bagian dalam atau luar ginjal si penderita. Bisa juga menempel di satu ginjal atau bagian ginjal yang lainnya. Walaupun jinak, jenis kista ini dapat menyebabkan masalah serius jika ukurannya cukup besar atau jika dibiarkan terlalu lama tanpa penanganan yang pas.

Perlu sobat ketahui bahwa bahaya jika kista ginjal berukuran besar. Sebab hal ini dapat berakibat fatal terhadap ginjal sobat.

Baca Juga:

3. Kista ovarium.

Jenis kista ini muncul alami saat wanita sedang mengalami masa subur. Kista ini sifatnya jinak, dan dapat hilang dengan sendirinya dengan cara penanganan secara khusus dan tepat.

Beda lagi kalau kista jenis ovarium ini jumlahnya terlalu banyak dan besar. Apalagi terkena infeksi atau muncul setelah menopause.

Dalam hal ini, perlu penanganan dokter yang ahli di bidang kista ini.

4. Kista baker.

Kista baker adalah jenis kista yang muncul di dalam lutut khususnya bagian belakang. Oleh sebab itu, kerap sekali bahwa kista ini menjadikan lutut bagian belakang terasa sakit jika digerakkan.

Bahayanya kista ini yaitu jika terjadi infeksi dan mengalami pembengkakan. Yang pastinya terasa sakit dan parah jika kista itu pecah.

Tak hanya itu, kista baker juga dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah di area lutut belakang dan juga dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai yang aliran darahnya tersumbat.

Kondisi tersebut dinamakan sindrom kompartemen.

5. Kista kalazion.

Kista kalazion adalah sejenis kista yang benjol di kelopak mata akibat sumbatan kelenjar minyak di kelopak mata.

Kista ini, umumnya tidak terasa sakit dan tekstru dari kista ini kenyal seperti jely. Namun, kadangkala kista kalazion juga bisa membesar dan mengakibatkan rasa nyeri bagi si pendserita kista ini.

Jika sudah demikian, kista ini bisa mengakibatkan gangguan penglihatan bahkan ron toknya bulu mata juga.

6. Kista payudara.

Kista payudara umumnya bersifat jinak, tetapi terkadang juga dapat menimbulkan rasa sakit jika dipencet.

Kista ini bisa timbul di satu atau dua payudara si penderita.

Kista ini terbilang tidak butuh penanganan secara khusus. Tetapi, jika kista ini berukuran besar, dan membuat payudara terasa tidak nyaman. Terkadang kista payudara juga sulit dibedakan dengan benjolan pada payudara lain seperti tumor payudara.

Oleh sebab itu sobat memosehat khususnya para wanita yang mengalaminya disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kepercayaan sobat yah.

7. Kista pilonidal.

Kista pilonidal adalah jenis kista yang berisi cairan atau darah dan didalamnya berisi rambut dan serpihan kulit.

Kista ini muncul di di pungguh bawah, lebih tepatnya di dekat tulang ekor.

Kista ini tergolong berbahaya dan perlu penanganan segera. Apalagi jika kista pilonidal sudah terinfeksi.

Selain menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, kista ini juga dapat menimbulkan risiko kanker kulit atau bisa disebut karsinoma sel skuamosa.

So, jangan ragu-ragu untuk memeriksakan kista jenis ini ke dokter yah sobat.

Itu saja pembahasan artikel pada malam ini yang berjudul 7 jenis penyakit kista ini yang harus kamu hindari agar tetap sehat dan sukses. Semoga berhasil memecahkan masalah sobat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya yah ^_^.

Baca Juga:

Pages: 1 2