Jika sobat mengetahui kategori kanker, ada dua jenis kanker, yaitu kanker jinak dan kanker ganas. Kanker otak merupakan salah satu dari kanker yang ganas. Perubahan genetik dari sel otak yang tak lazim dapat merusak jaringan sel-sel otak dan mengakibatkan kanker otak.

Pada umumnya, sel-sel otak yang terusak jaringannya tidak berfungsi secara optimal sehingga menyebabkan gangguan pada otak yang berakibat menjadi kanker otak.

Kanker Otak Primer Dan Kanker Otak Sekunder

kanker-otak

Sebelum, kita belajar lebih lanjut mengenai kanker otak. Sobat alangkah baiknya untuk mengetahui kanker primer dan sekunder.

Apa sih kanker otak primer dan kanker otak sekunder? Berikut ulasan mengenai kedua jenis kanker otak tersebut:

Kanker Otak Primer

Maksud dari primer disini adalah kanker tersebut berasal dari otak sendiri. Umumnya, yang mengalami kanker yaitu pada bagian otak yang bernama sel glia (glioma) dan bisa juga dari otak kecil (medulloblastoma).

Kanker Otak Sekunder

Definisi kanker otak sekunder adalah kanker otak yang timbul akibat dari penyebaran kanker dari sel kanker organ atau tubuh lain (metastasis).

Beberapa jenis organ yang bisa menyebabkan kenker ini adalah: kanker paru-paru, kanker kulit, kanker ginjal, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Dugaan sobat, seperti yang telah diketahui diatas bahwa penyebab kanker otak belum diketahui secara pasti, namun penyebabnya dapat kita diagnosis dengan menganalisi risiko orang atau pasien tersebut terkena kanker otak. Apa saja? Baca terus yah.

Berikut 6 penyebab kanker otak ini yang perlu anda waspadai:

1.Faktor keturunan (Genetik).

6-penyebab-kanker-otak

Coba periksalah silsilah keturunan sobat, apakah dari buyut,kakek dan nenek, atau ayah dan ibu sobat. Jika, maaf beliau-beliau mempunyai riwayat kanker otak bisa juga terturun kepada sobat loh.

Beberapa penyakit seperti; sindrom turner, sindrom,gorlin, tuberos sclerosis, sindrom Li-fraumani, sindrom grolin, dan juga neurofibromatosis akan lebih berisiko terkena kanker otak.

Periksalah ke dokter untuk pencegahan secara dini agar kanker tersbut tidak ganas yah sob. Konsultasikan juga bersama dokter kepercayaan sobat untuk mengantisipasinya.

2. Jenis kelamin dan usia.

6-penyebab-kanker-otak

Beberapa rekam jejak data medis, ditemukan bahwa mayoritas kanker otak berdampak pada anak-anak dan lansia.

Sobat memosehat harus waspada kepada keluarga sobat, sobat pasti sayang kepada mereka. Jagalah beliau kalau perlu periksakan kedokter apakah ada gejala-gejala kanker otak.

Umumnya, para wanita-lah yang berisiko terkena kanker otak sejenis meningioma, sedangkan pada anak-anak sering ditemukan kanker otas sejenis medullablastoma.

Baca Juga:

3. Terinfeksi virus.

6-penyebab-kanker-otak

Virus ini perlu sobat ketahui gejalanya agar tidak berdapak pada kanker otak, virus apa itu? HIV, virus epsten-barr (EBV), dan cytomegalovirus.

Wah, ada-ada saja nama virus yang nyeleneh yah sob. Tapi, dari nama yang aneh tersebut. Bisa membahayakan kesehatan keluarga dan diri sobat loh. So, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ketiga virus tersebut merusak sel DNA dan berpotensi besar berubah menjadi kanker stadium kecil, namun jika dibiarkan akan menjadi sangat ganas sekali.

4. Tercemarnya lingkungan sekitar tempat tinggal.

6-penyebab-kanker-otak

Memang bahan kimia seperti pestisida dan lain sebagainya membantu para petani untuk menurunkan tingkat hama pada tanaman. Tetapi, jika lingkungan kita tercemar bahan-bahan kimia dengan jumlah besar dan kita menghirupnya setiap hari.

Bisa sobat bayangkan apa yang terjadi pada diri kita? Nah, tahukan.

Mungkin jangka pendek tidak akan ngefek, coba jangka panjangnya, bisaa saajaaa sobat menderita kanker otak.

Bahan kimia seperti: pestisida, vinil klorida, timah, zat kimia pada karet, herbisida, teksti, dan bahan bakar sangat rentan jika dihirup berlama-lama mengakibatkan penyakit.

Jika sobat bekerja pada bidang seperti: petani, karyawan industri plastik, karet, tekstil, dan pekerja kilang minyak sangat rentan sekali menghirup zat-zat kimia tersebut.

Untuk mengantisipasi, gunakanlah masker ketika berkerja dan jagalah kesehatan sobat serta periksakan secara rutin ke dokter kepercayaan sobat untuk menanganinya.

5. Efek radiasi

6-penyebab-kanker-otak

Terpapar radiasi dalam jumlah besar, juga memungkinkan seseorang untuk terkena penyakit kanker otak.

Radiasi nuklir, ledakan bom atom disuatu wilayah, serta radioterapi untuk pengobatan kanker jika terlalu lama penggunaannya pasti berkaibat buruk juga.

Dengan catatan, bahwa dradioterapi kanker sesuai dengan petunjuk dokter atau ahli yang menanganinya diperbolehkan. Karena ada ahli yang mendampingi sobat memosehat.

Sel tumor yang tumbuh dalam diri sobat bisa muncul setelah 10 sampai 15 tahun terpapar efek radiasi yang berlebihan.

Terkecuali untuk radiasi radiologi seperti CT Scan dan Rontgen, juga radiasi hp pintar sobat selama ini masih belum cukup menyebabkan kanker.

Namun, alangkah baiknya jika sobat menggunakan secukupnya saja. Misalnya bermain hp pintar, jika sudah waktunya berhenti ya berhenti sob.

6. Merokok

6-penyebab-kanker-otak

Kandungan zat kimia dalam rokok seperti nikotin sangatlah berbahaya. Zat tersebut dapat menyebabkan kanker paru-paru serta berdampak juga mengakibatkan kanker otak.

So, sebaiknya sobat menghindari kebiasaan buruk khususnya merokok agar terhindar dari penyakit lainnya seperti kanker otak dan sejenisnya.

Mungkin sobat berharap bahwa kanker otak yang diakibatkan karena faktor keturunan tidak dapat dicegah. Tetapi faktor-faktor lainnya tidak mungkin dihindari karena kita berhadapan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai catatan tambahan, bahwa jika seseorang memiliki risiko dari beberapa hal di atas. Bukan berarti seseorang terkena kanker otak. Faktor tersebut hanya meningkatkan risiko terpaparnya kanker otak saja.

Terus cek kesehatan sobat ke dokter agar tahu diagnosis yang tepat jika memiliki ciri-ciri di atas.

Perlu penelitian terdalam lagi untuk mempelajari penyebab kanker otak tersebut serta risikonya.

Semoga artikel 6 penyebab kanker otak ini yang perlu anda waspadai bermanfaat yah sobat memosehat. kunjungi terus update artikel selanjutnya. Terima Kasih sudah membacanya ^_^

Baca Juga:

Pages: 1 2